Panduan Doa Untuk Orang Tua

Mendoakan orang tua tidak hanya dilakukan saat beliau masih hidup saja tapi ketika meninggal sebagai anak harus tetap memberikan doa. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi mereka karena mendapat aliran pahala. Maka dari berikut bacaan doa untuk orang tua yang sudah meninggal. 

Panduan Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal 

Berdoa untuk orang tua yang sudah meninggal tidak harus hadir di makamnya secara langsung, kapanpun dimanapun Allah akan tetap menerima. Hal ini sejalan dengan pendapat ulama’ yang menjelaskan bahwa hadiah orang yang masih hidup kepada orang yang meninggal adalah doa. 

Doa tersebut berisi ampunan dan permohonan kasih sayang. Berikut urutan doa yang bisa Anda baca: 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

Artinya adalah : Ya Allah ya Tuhanku ampunilah umat islam baik laki-laki dan perempuan, orang-orang beriman baik laki-laki dan perempuan, baik yang masih hidup atau yang telah wafat, yang tersebar di sebelah timur hingga barat, baik di darat ataupun lautan. 

Khususnya bapak, ibu, nenek, ustadz, guru yang mana mereka telah berbuat baik kepada kami, serta mereka yang masih memiliki hak terhadap kami. 

Anda juga bisa membaca doa ini pada umumnya untuk memohonkan ampun kedua orang tua: 

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَ

Artinya adalah Ya Rabb ampunilah aku dan kedua orang tua dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku saat aku masih kecil. 

Setelah itu Anda juga bisa melanjutkan doa lain agar segala keinginan bisa terpenuhi. Ingat Allah adalah Maha Kuasa atas segala sesuatu dan sebagai hambaNya meyakini bahwa tidak ada tempat bergantung kecuali padaNya. 

Berikut ini keutamaan melantunkan doa untuk orang tua yang sudah meninggal: 

1.     Menambah Pahala Bagi yang Membacanya 
Pertama adalah menambah pahala bagi yang membacanya karena berdoa adalah salah satu bentuk ibadah kepada Allah. Terlebih jika Anda bertujuan untuk kebaikan orang tua yang sudah sangat berjasa semasa hidupnya. 

2.     Dosa Orang Tua Diampuni Siapapun yang sudah meninggal maka seluruh doanya tidak akan diterima karena sudah habis masanya. Namun Allah akan menerima doa orang yang masih hidup. Tidakkah Anda ingin semua dosa orang tua terampuni?  

3.     Memberikan Cahaya Pada Orang Tua di Alam Kubur Doa layaknya air di tengah terik matahari dan seperti cahaya di kegelapan. Jika Anda membaca doa untuk orang tua di atas maka setidaknya hisab menjadi lebih ringan, diberikan keluasan dan terang di dalam kuburnya. 


4.     Memberikan Tambahan Pahala Bagi Orang Tua Sesungguhnya terputus amal jariah orang yang meninggal kecuali tiga perkara. Salah satunya adalah doa anak yang sholih sholihah. Teruslah berdoa untuk orang tua yang sudah meninggal dan Allah akan selalu menerimanya. 
Jangan pernah sesekali terfikirkan jika Anda bukan orang soleh maka doanya tidak diterima, itu salah besar. Hanya Allah lah yang berhak menentukan tingkat kesholehan seseorang dan mengabulkan doa setiap hamba.

Mendoakan orang tua hendaknya di tempat dan waktu yang mustajab. Salah satunya adalah di Makkah Al Mukarromah. Jika Anda ingin berangkat ke sana atau bahkan sudah mempunyai usaha biro travel dan bosan dengan sistem yang itu itu saja, maka kami adalah solusinya. 

Muslim Pergi. Penyedia layanan Manajemen Biro Travel Umroh. Satu Paket Sistem untuk Kebutuhan Biro Travel Umroh Anda. Pengelolaan biro travel umroh menjadi lebih efisien dan maksimal sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan paket. Dapatkan aplikasi haji umroh terlengkap dalam genggaman Anda!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *